Rabu, 13 Maret 2013

Gol Umut Bulut Pastikan Galatasary Lolos Ke Babak 8 Besar Liga Champions

Galatasaray melangkah ke babak perempat-final Liga Champions usai membungkam tuan rumah Schalke 04 dengan skor 3-2 pada leg II fase 16 besar, Rabu (13/3) dinihari WIB.

Kejar-mengejar skor terjadi pada pertarungan di Veltins Arena ini. Die Knappen membuka keunggulan lebih dulu melalui Roman Neudstadter sebelum Gala ganti memimpin berkat kontribusi Hamit Altintop serta Burak Yilmaz.

Kedudukan kembali imbang 2-2 setelah Michel Bastos sukses membobol gawang Fernando Muslera. Namun kemenangan pada akhirnya dipastikan menjadi milik kubu tamu lewat gol penentu Umut Bulut di waktu tambahan.

Seiring hasil ini, armada Fatih Terim lolos dengan mengantungi keunggulan agregat 4-3.

Tertahan 1-1 pada pertemuan pertama di markas sendiri, Galatasaray membuka laga  di Veltins Arena dengan intensitas serangan tinggi.

Setelah dua tembakan Hamit dan Didier Drogba melenceng, tuan rumah membutuhkan kepahlawanan kiper Timo Hildebrand untuk memastikan gawang mereka tak kebobolan. Hildebrand mementahkan dua peluang bagus Gala, dari Drogba serta Selcuk Inan.

Banyak ditekan di awal, Schalke balas mengancam melalui sundulan Joel Matip, menyambut sebuah tendangan penjuru, yang melayang tinggi di atas mistar.

Menit ke-18, publik tuan rumah bersorak kegirangan setelah Neustadter sukses menggetarkan jala Galatasaray. Berawal dari kegagalan Semih Kaya menyapu bola kiriman Jefferson Farfan, Joel Matip memberi umpan kepada Neudstadter, yang langsung melepaskan tembakan kencang untuk menaklukkan Muslera.

Tertinggal, Gala ogah menyerah. Usaha keras pasukan Terim membuahkan gol penyeimbang pada menit ke-37. Melalui tendangan bebas, Selcuk Inan menyodorkan bola buat Hamit Altintop, yang sukses membobol gawang mantan klubnya lewat tendangan dari jarak sekitar 35 meter.

Tiga menit sebelum turun minum, kubu tamu berbalik memimpin 2-1. Sukses adu cepat dengan Benedikt Howedes guna menyongsong sebuah umpan jauh, Burak Yilmaz dengan dingin mencungkil bola melewati hadangan Hildebrand yang merangsek maju untuk menutup ruang.

Mental Schalke sempat terpukul setelah ketinggalan, tapi perlahan anak-anak asuh Jens Keller mampu memperbaiki performa dan berhasil menyamakan skor pada babak kedua, tepatnya di menit ke-63.

Menyusul sepakan kencang Hoger yang membentur mistar, bola liar jatuh ke Atsuto Uchida yang menyodorkannya untuk dituntaskan oleh Michel Bastos.

Dengan skor 2-2, Schalke masih kalah dalam gol tandang sehingga terus ngotot memburu kemenangan. Rangkaian kans diciptakan, tapi kebanyakan mentah oleh aksi gemilang Muslera di bawah mistar Gala.

Pada akhirnya, justru tim tamu yang sukses membawa pulang kemenangan di menit-menit penghabisan. Lewat sebuah serangan balik kilat, pemain pengganti Umut Bulut sukses mencatatkan nama di papan skor dan memastikan kelolosan Galatasaray.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar