Kamis, 27 Desember 2012

Sunderland tumbangkan The Citizens

Manchester City mendapatkan kado Natal yang tidak menyenangkan setelah menelan kekalahan 1-0 dalam laga tandangnya melawan Sunderland di di Stadium of Light pada laga Boxing Day Liga Primer Inggris, Rabu (26/12) malam WIB.

Kekalahan ini membuat selisih poin City dengan Manchester United melebar menjadi tujuh poin, setelah Setan Merah mengalahkan Newcastle United 4-3 di saat bersamaan.

Kapten tim Manchester City Vincent Kompany kembali masuk ke dalam daftar pemain inti. Masuknya Kompany ke starting line-up menjadi satu-satunya perubahan komposisi pemain dibandingkan pertandingan sebelumnya. Dengan demikian, Rekik harus mulai laga ini dari bangku cadangan. Sedangkan Pablo Zabaleta mengisi posisi bek kiri menggantikan Gael Clichy yang belum sembuh.

Satu-satunya perubahan juga dilakukan Sunderland di komposisi pemain mereka dari tim yang mengalahkan Southampton 1-0. Matthew Kilgallon menggantikan John O'Shea yang tak masuk daftar.

City sebetulnya mendominasi permainan sepanjang babak pertama, namun tidak bisa mengkonversi peluang yang diperoleh untuk menjadi gol. Sebaliknya, Sunderland dapat memaksimalkan peluang mereka di babak kedua guna meraih tiga angka.

Babak pertama

Sunderland dan Manchester City menerapkan permainan terbuka di awal laga ini, sehingga menyajikan atraksi menarik. Tuan rumah mengambil inisiatif menyerang lebih dulu untuk membuka keunggulan.

Laga memasuki menit ketujuh, kiper Joe Hart sudah harus melakukan penyelamatan ketika ia menepis tendangan bebas Craig Gardner. City pun membalasnya selang satu menit kemudian.

Berawal dari sepak pojok, Kompany langsung menyambar bola yang ditepis Simon Mignolet, dan menghantam mistar gawang. Bola muntah kemudian disambut Yaya Toure, dan kiper Sunderland bereaksi cepat untuk menghadang bola masuk ke dalam gawang dengan menggunakan jakinya.

Seiring berjalannya waktu, City mulai menguasai permainan, dan memberikan ancaman berarti ke pertahanan Sunderland. Pada menit ke-24, Mignolet kembali melakukan aksi penyelamatan ketika membendung tendangan mendatar David Silva.

Sunderland berusaha keluar dari tekanan City, dan memberikan respon selang satu menit kemudian. Stéphane Sessegnon melepaskan umpan mendatar kepada Steven Fletcher. Tapi sepakan kaki kiri Fletcher masih bisa ditinju Hart.

Di waktu tersisa, pertahanan Sunderland membuat pemain City frustrasi, karena tak kunjung membobol gawang lawan. Hingga babak pertama usai, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Babak kedua

Sunderland meningkatkan tempo permainan mereka di babak kedua, dan memaksa pemain City merasa tidak nyaman. City sempat mengancam pertahanan tuan rumah, tapi tidak terlalu membahayakan.

Publik tuan rumah bersorak kegirangan setelah Adam Johnson membobol gawang mantan klubnya pada menit ke-53. Setelah mendapatkan bola dari tendangan bebas, Johnson menusuk pertahanan City, dan menaklukkan Hart.

City mencoba merespon permainan agresif Sunderland di babak kedua ini, tapi mengalami kesulitan menembus tembok pertahanan The Black Cats yang tampil solid hingga laga berjalan satu jam.

Tim tamu mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Lagi-lagi ketangguhan Mignolet di bawah mistar mengandaskan peluang yang diperoleh James Milner usai menerima umpan silang Zabaleta di menit ke-68.

Mignolet pantas disematkan sebagai pahlawan Sunderland. Ia kembali menggagalkan upaya City menyamakan kedudukan selang dua menit kemudian. Kiper asal Belgia ini mementahkan peluang Sergio Aguero kendati tinggal berhadapan satu lawan satu.

Menjelang laga berakhir, Sunderland lebih memperkuat pertahanan mereka, dan situasi ini membuat kubu City makin frustrasi. Skor 1-0 tetap bertahan hingga pluit panjang ditiupkan wasit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar